3 Dampak Fatal Begadang Sambil Main Handphone

WowKerenViral ~ Smartphone jadi barang yang susah untuk ditinggalkan walau sejenak. Hampir setiap saat kita selalu cek smartphone, melihat pesan, soscial media atau sekedar main game. Smartphone sulit untuk dilepas, bahkan pada malam hari, saat menjelang tidur pun smartphone masih tetap menjadi teman yang selalu di 'perhatikan'. Padahal kebiasaan ini tidak baik bagi tubuh kita.




Menjelang tidur jadi waktu yang 'mengasyikkan' untuk membuka smartphone sambil menunggu mata mengantuk. Akan tetapi yang terjadi adalah waktu terus berlalu semakin larut dan mata terus terjaga dengan smartphone ditangan. Tanpa disadari sudah berjam-jam temani smartphone kesayangan. Akhirnya waktu tidur jadi larut malam.

Keadaan demikian sangat tidak dianjurkan dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Segera hilangkan kebiasaan bermain smartphone menjelang tidur di malam hari. Karena menurut NutriLiving, ada 3 hal buruk yang bisa menimpa anda jika selalu bermain smartphone pada malam hari menjelang tidur.

Mengganggu Waktu tidur Anda

Dampak pertama main ponsel menjelang tidur adalah mengganggu waktu tidur. Selain itu cahaya biru dari smartphone bisa mengganggu produksi melatonim, hormon mengatur siklus tidur. Bisa menyebabkan tidur dalam kondisi kelelahan, dan masalah kesehatan lainnya.

Meningkatkan risiko kanker

Manfaat melatonim selain mengatur tidur anda juga sebagai antioksidan kuat bagi tubuh untuk melawan kanker secara alami. Resiko terkena penyakit kanker dan penyakit lainnya akan meningkat jika melatonim ditekan.

Bisa dikatakan jika melatonim terganggu satu malam saja bisa menimbulkan ancaman serius. Apalagi jika anda begitu kecanduan menggunakan smartphone malam hari. Bisa meningkatkan resiko kerusakan sel, meningkatkan peradangan dan fungsi kekebalan tubuh.

Merusak mata

Lampu yang dipancarkan perangkat memiliki spektrum cahaya penuh, paparan sinar ini bisa merusak penglihatan. Berdasarkan studi paparan langsung terhadap cahaya tersebut bisa merusak retina.

Aktifkan fitur night mode untuk meminimalisir radiasi dari layar smartphone.

Nah itulah bahaya atau dampak yang bisa ditimbulkan jika menggunakan smartphone malam hari menjelang tidur apalagi dengan kondisi ruangan minim cahaya. 


Share Artikel