5 Video Fenomena Alam Baru Yang Aneh

WowKerenViral ~ Dari jaman dahulu sampai sekarang fenomena alam baru selalu membuat takjub setiap orang. Tidak ada yang tahu secara pasti kenapa fenomena itu terjadi. Sering muncul di berita adanya hewan baru yang baru ditemukan atau planet baru yang berhasil ditemukan. Ternyata fenomena alam juga ada yang baru, fenomena yang belum pernah dilihat sebelumnya di dunia ini.


fenomena alam baru



Fenomena yang berhubungan dengan cuaca ini baru saja ditemukan diantaranya : jenis awan baru, jenis badai baru yang sangat kuat, fenomena optik yang aneh, efek letusan suar matahari pada medan magnet, keberadaan badai antariksa.

Berikut 5 video fenomena alam baru yang berhasil di lansir listverse:

5. Awan Mammatus

Pertama kali disaksikan pada awal abad kedua puluh, awan mammatus dimasukkan ke sistem klasifikasi Organisasi Meteorologi Dunia hanya dalam pembaruan The International Cloud Atlas tahun 2017.Dinamakan mammatus karena kemiripannya dengan ambing sapi, awan mammatus membentuk awan terbalik, seolah-olah menggantung dari bagian bawah awan cirrocumulus, altostratus, altocumulus, dan stratocumulus. 



4. Aurora  

Sekelompok ahli meteorologi amatir, The Aurora Chasers, yang pertama kali melihat fenomena tersebut menamakannya Steve. Menurut Eric Donovan, seorang profesor University of Calgary, bahwa Steve bukanlah aurora proton, karena aurora proton selalu tidak terlihat, karena "biasanya terlalu gelap untuk dilihat". 



3. Fenomena Suar Matahari

Tidak semua cuaca terjadi di Bumi. Planet lain memiliki bagiannya masing-masing. Cuaca bahkan terjadi di luar angkasa. Memang, sebagian besar cuaca tata surya dihasilkan dari energi matahari.

Model 3-D saat ini tentang jilatan api matahari menunjukkan bahwa flare semacam itu terjadi di area medan magnet matahari yang "terdistorsi". Di area ini, medan magnet membentuk loop yang “bergeser dan berputar satu sama lain”, menghubungkan kembali.




2. Badai Luar Angkasa

Jauh di atas wilayah kutub Bumi, pusaran plasma berputar seperti badai. Tapi badai, kutub atau lainnya, tidak hanya terjadi di Bumi; mereka juga terbentuk di atas planet lain di tata surya dan, bahkan, di seluruh alam semesta.

Saat partikel naik atau turun, zona bertekanan rendah terbentuk. Badai cenderung muncul di sekitar zona ini. Sama seperti badai tropis yang terbentuk dengan cara ini di bagian bawah atmosfer bumi, demikian pula badai antariksa berkumpul di sekitar partikel bermuatan listrik di ionosfer.




1. Badai Petir

Badai petir menghasilkan lebih banyak energi daripada yang kita ketahui. Pada pertengahan 1990-an, para peneliti menemukan bahwa petir dan medan listrik di atas badai semacam itu menghasilkan radiasi gamma yang dapat dideteksi dari luar angkasa. Kilatan sinar gamma (GRF) ini terjadi di seluruh bumi, sebanyak lima ratus kali setiap hari. 


Nah itulah 5 fenomena alam baru di dunia ini, begitu banyak rahasia alam yang tidak kita ketahui. Semoga bisa jadi pelajaran bagi kita, manusia hanya mengetahui sedikit saja yang ada di dunia ini.

Share Artikel