Cara Perbaiki Video Youtube Tidak Bisa diPutar

WowKerenViral ~ Saat kamu menemukan video YouTube tidak bisa diputar di komputer atau perangkat seluler kamu, mungkin ada beberapa faktor menjadi penyebab. Video yang tidak bisa diputar, meskipun situs YouTube dimuat dengan baik, bisa jadi karena koneksi internet kamu tidak kuat untuk streaming. 


video youtube tidak bisa diputar



Penyebab lain video YouTube yang tidak bisa diputar yaitu masalah dengan browser, komputer, koneksi internet, dan masalah dengan YouTube itu sendiri.

Penyebab Video YouTube tidak bisa diputar

Sebagian besar masalah yang menyebabkan video YouTube tidak bisa diputar dibagi menjadi beberapa kategori:
  • Masalah Aplikasi browser: Masalah aplikasi browser bisa menyebabkan video youtube tidak bisa diputar. Menyegarkan halaman sering kali memperbaiki masalah, tetapi kamu mungkin perlu memperbarui browser atau menghapus cache.
  • Masalah komputer: Sebagian besar masalah komputer yang menyebabkan YouTube tidak bisa diputar hanya memerlukan langkah restart komputer. 
  • Masalah internet: Masalah jaringan lokal biasanya dapat diperbaiki dengan mencabut modem dan router kamu lalu mencolokkannya kembali. Turunkan kualitas video youtube akan sangat membantu apabila koneksi kamu lambat.
  • Masalah YouTube Mobile: Rata-rata masalah video YouTube tidak bisa diputar di perangkat telepon bisa diselesaikan dengan memulai ulang aplikasi YouTube, namun perlu menghapus cache aplikasi atau menginstal ulang aplikasi.

Langkah Apa yang harus dilakukan Jika Video YouTube Tidak Bisa Diputar

Ketika video tiba-tiba berhenti diputar setelah kamu menonton YouTube selama beberapa waktu, biasanya karena beberapa kesalahan. Ini terkadang dapat diperbaiki dengan hanya menyegarkan halaman atau menutup browser kamu, tetapi kamu mungkin harus mencoba perbaikan lebih lanjut.

Dalam beberapa kasus, masalah video youtube tidak bisa diputar mungkin dengan koneksi internet, atau bahkan dengan YouTube itu sendiri.

Berikut cara membuat agar video youtube bisa diputar:

1.Segarkan atau refresh halaman YouTube, dan lihat apakah video bisa diputar.

video youtube tidak bisa diputar

2. Coba sesuaikan kualitas video dengan mengeklik ikon roda gigi di bagian bawah video. Pilih kualitas video paling kecil dan coba kembali apakah video youtube bisa diputar.

video youtube tidak bisa diputar



3. Tutup browser kamu, dan buka kembali. Jika pembaruan tersedia, izinkan pembaruan dipasang dan coba YouTube lagi.

4. Kosongkan cache dan cookie browser kamu, dan buka lagi halaman YouTube. Untuk pengguna Chrome ketik chrome://settings/clearBrowserData kemudian enter maka akan tampil halaman berikut.

video youtube tidak bisa diputar



5. Buka sesi penjelajahan pribadi (incognito) , dan navigasikan ke video YouTube yang kamu coba tonton. Jika YouTube berfungsi, kamu mungkin memiliki masalah dengan ekstensi, plugin, atau akun Google kamu.

6. Coba muat halaman web lain untuk memastikan koneksi internet kamu berfungsi.

  • Jika kamu memiliki komputer atau perangkat lain, periksa apakah YouTube berfungsi di komputer atau perangkat tersebut.
  • Jika kamu terhubung ke Wi-Fi, mendekatlah ke router, atau coba jaringan lain
    
7. Jika koneksi internet kamu kelihatannya tidak berfungsi, cabut modem dan router kamu dari daya setidaknya selama 10 detik. Kemudian pasang kembali dan periksa YouTube.

8. Jika video YouTube masih tidak bisa diputar, coba mulai ulang komputer kamu. Install update atau pembaruan sistem operasi dan coba kembali.

Bagaimana Jika Video YouTube Masih tidak bisa diputar?

Saat YouTube dimuat, tetapi kamu tidak dapat memutar video apa pun, masalahnya mungkin tidak di pihak kamu. Jika kamu sudah mencoba semuanya, dan YouTube masih tidak dapat memutar video, mungkin memang ada masalah dengan YouTube itu sendiri.

Cara termudah untuk melihat apakah YouTube berfungsi atau tidak adalah dengan mencoba menggunakan perangkat lain yang terhubung ke internet dengan metode berbeda. Jadi, jika kamu mencoba menonton YouTube di komputer, dengan internet di rumah, periksa apakah kamu dapat menonton video youtube di ponsel dengan koneksi selulernya.

Nah itulah cara perbaiki video youtube tidak bisa diputar. 
close
Banner iklan disini