Ternyata ini 5 Alasan Pertanyaan, Kapan Kawin ? Sering diucapkan

WowKerenViral ~ Di Indonesia ada satu pertanyaan terkenal atau pertanyaan yang biasa diucapkan terutama kepada orang yang tidak/belum menikah. Yaitu " kapan kawin ?", pertanyaan ini sering diucapkan kepada mereka yang sudah cukup dewasa atau cukup umur untuk menikah. Acara-acara seperti lebaran dan acara kumpul-kumpul lainnya sering kali terdengar pertanyaan seperti itu.


kapan kawin



Pertanyaan-pertanyaan seperti " kapan kawin ?" atau "kapan punya anak?" terdengar lazim karena sering terdengar. Akan tetapi bisa membuat tidak nyaman untuk orang yang ditanyakan.

Maksud dari pertanyaan ini bisa bermacam-macam ada yang bertanya " kapan kawin ?" karena bentuk perhatian. Misal dari tante ke keponakan yang disayanginya. Jika seperti ini adalah hal positif dan bisa dimaklumi.

Sering kali yang terjadi pertanyaan " kapan kawin ?" keluar dari orang yang tidak memiliki hubungan keluarga. Dan jika yang ditanyakan ini benar-benar menikah sipenanya tentunya tidak akan bantu-bantu proses pernikahannya. Sehingga pertanyaan ini tidak memiliki arti hanya basa-basi saja. 

Kenapa banyak yang bertanya " kapan kawin ?" padahal mereka tidak punya urusan atau keterkaitan apa pun?.

Kenapa seseorang mengajukan pertanyaan yang mengganggu seperti " kapan kawin ? " atau bahkan cenderung kasar?. Ternyata ada 5 alasan menurut Diane Barth, L.C.S.W, seorang psikoterapis dan psikoanalis dari Psychoanalytic Institute of the Postgraduate Center.

Barth menyebutkan ada beberapa alasan kenapa pertanyaan tersebut diucapkan dilansir dari situs Psychology Today.

5 Alasan Pertanyaan Kapan Kawin 


- Yang bertanya tidak menyadari bahwa apa yang mereka tanyakan itu menganggu. Bisa dikarenakan gangguan kecemasan sosial, narsistik, atau gangguan kepribadian lainnya.

- Yang bertanya mengucapkan pertanyaan yang mengganggu itu adalah karena ketidakmampuannya untuk berempati terhadap perasaan orang lain.

- Yang bertanya sebenarnya sudah memahami bahwa pertanyaan itu bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman. Namun karena keras kepala menurutnya pertanyaan itu memang harus ditanyakan.

- Yang bertanya punya dendam atau bermusuhan dengan orang tersebut. Sehingga dengan sengaja mengucapkan pertanyaan " kapan kawin ?". Permusuhan ini bisa karena iri, rasa cemburu karena kelebihan orang tersebut.

- Yang bertanya sebenarnya memiliki kasus yang sama, belum menikah namun mengucapkan " kapan kawin ?" agar ia terhindar dari pertanyaan yang sama. Padahal pertanyaan ini juga tidak menyenangkan baginya.  

Nah itulah beberapa alasan pertanyaan " kapan kawin ?" yang sering dilontarkan orang-orang kepada mereka yang belum menikah.